Warning, BPBD Imbau Warga Tak Keluar Rumah Saat Hujan Disertai Petir

Warning, BPBD Imbau Warga Tak Keluar Rumah Saat Hujan Disertai Petir
BPBD Imbau warga tidak keluar rumah saat hujan disertai petir. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - BPBD Kabupaten Tangerang mengimbau warga agar tidak keluar rumah saat terjadi hujan lebat yang disertai petir.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat mengatakan cuaca saat ini tengah ekstrem, berpotensi terjadi hujan disertai petir.

"Cuaca saat ini sangat ekstrim, hujan lebat disertai petir. Dikhawatirkan masyarakat yang beraktivitas di luar rumah tersambar petir," kata Ujat dalam keterangan tertulis, Senin (17/5).

Ujat mengimbau warga untuk tidak keluar rumah saat hujan lebat disertai petir. Namun, jika berada di luar rumah, segera cari tempat berteduh yang aman.

"Jangan pula mengoperasikan berbagai barang elektronik yang memanfaatkan pemancar, seperti radio, televisi, dan telepon dengan kabel. Ketika di dalam rumah dan kondisi di luar petir bergemuruh, sebaiknya pakai telepon seluler karena masih relatif aman," ujar Ujat.

Sebelumnya, pria bernama Teguh Suwarno (35) tewas tersambar petir di Kampung Ketos, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Senin (16/5) sore.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir mengatakan korban merupakan penjual mi ayam yang sedang berjualan.

"Saksi mendengar ada suara sambaran petir dan melihat ada segumpalan asap yang keluar dari arah dekat gerobak mi ayam," kata Munir dalam keterangan tertulis.

BPBD Kabupaten Tangerang mengimbau warga agar tidak keluar rumah saat terjadi hujan lebat yang disertai petir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News