Wartawan Rentan Tertulari Covid-19, Waspadalah

Wartawan Rentan Tertulari Covid-19, Waspadalah
Sejumlah wartawan mengikuti tes terkait Covid-19 di RS Bhayangkara Padang. Foto: diambil dari padek

jpnn.com, PADANG - Puluhan wartawan yang tergabung di Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Sumatera Barat melakoni rapid test terkait Covid-19 di Rumah Sakit Bhayangkara Padang.

Kegiatan yang digelar Jumat (30/10) lalu itu difasilitasi Polda Sumbar.

Kepala Bidang Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, wartawan merupakan ujung tombak informasi sehingga layak mendapat perhatian dalam melakukan aktivitas profesinya.

“Profesi wartawan sangat rentan saat pandemi, tertulari (Covid-19), karena berhubungan dengan banyak orang serta banyak kegiatan, sehingga perlu kewaspadaan dalam menjalankan tugas dan fungsi jurnalis,” ujarnya.

Sebagai mitra langsung Humas Polri, kata Bayu, wartawan merupakan corong kepolisian dalam menyampaikan informasi.

Baik yang berkaitan dengan kewaspadaan masyarakat dalam menangani pandemi Covid-19 maupun kewaspadaan dalam mengantisipasi kejahatan.

“Wartawan mitra langsung kami di humas Polri, khususnya Polda Sumbar, untuk itu amat perlu kami selalu bergandengan tangan menjalin silaturahmi kemitraan, khususnya dalam menyiarkan kewaspadaan Covid-19, dan kewaspadaan lainnya untuk kepentingan masyarakat,” jelas Bayu.

Dia menambahkan, tanpa bantuan media melalui wartawannya, masyarakat akan sulit menerima informasi yang benar karena media menyampaikan informasi secara objektif dan akurat, tidak sama dengan informasi di media sosial.

Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, wartawan merupakan ujung tombak informasi, khususnya saat pandemi Covid-19 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News