Wasit Asal Brazil jadi Sorotan

Wasit Asal Brazil jadi Sorotan
DISOROT - Carlos Simon dan 'seringai kontroversial'-nya terhadap pemain Swedia Teddy Lucic, di PD 2006 lalu. Foto: Photobucket.com.
RIO DE JANEIRO - Wasit asal Brazil, Carlos Eugenio Simon, yang bakal bertugas pada Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan (Afsel), belum apa-apa sudah mendapat kritik keras. Wasit berusia 45 tahun itu jadi sorotan karena kepimpimpinannya di beberapa laga Liga Brazil.

Sejumlah media Brazil mengkritik habis-habisan Simon, lantaran dia melakukan beberapa kesalahan ketika memimpin pertandingan antara Vasco da Gama versus Botafogo, yang berakhir seri 1-1, Minggu (30/5) lalu. Itulah pertandingan terakhir Simon sebelum berangkat ke Afsel.

Lontaran kritik terhadap dipanggilnya Simon sebagai wasit di PD 2010 itu, sebenarnya sudah terdengar lama. Apalagi, Simon memang memiliki reputasi kurang bagus, setelah sempat dihukum oleh CBF (asosiasi sepakbola Brazil). Sanksi dijatuhkan kepada Simon atas beberapa kesalahan yang dia lakukan selama memimpin pertandingan. Dia juga memiliki pengalaman yang kurang bagus ketika memimpin pertandingan di major tournament. Tapi masalahnya, Simon tetap saja dipercaya.

Pada PD 2002 dan 2006 lalu, pengadil lapangan hijau yang berprofesi pula sebagai jurnalis itu, juga telah dipercaya. Dia sendiri sebenarnya dianggap sebagai wasit paling top di Brazil dalam beberapa tahun terakhir, terlepas dari sederet kritik yang diterimanya.

RIO DE JANEIRO - Wasit asal Brazil, Carlos Eugenio Simon, yang bakal bertugas pada Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan (Afsel), belum apa-apa sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News