Rabu, 26 September 2018 – 04:26 WIB

Waspada! 6 Minuman Ini Bisa Memicu Dehidrasi

Jumat, 14 September 2018 – 04:12 WIB
Waspada! 6 Minuman Ini Bisa Memicu Dehidrasi - JPNN.COM

jpnn.com - Dehidrasi secara umum adalah keadaan di mana tubuh kekurangan cairan. Secara sederhana, tandanya adalah rasa haus dan warna urine yang gelap serta berbau. Untuk menghindari dehidrasi, Anda disarankan untuk banyak minum. Tapi, jangan salah pilih minuman.

Yang sering kali tidak disadari, banyak produk minuman komersial yang mengandung zat-zat tertentu dan berpotensi meningkatkan pembuangan cairan dari tubuh. Karena itu, untuk mencegah dehidrasi tidak hanya dengan asal minum, tapi juga memperhatikan jenis minumannya.

Saat merasa haus ada baiknya Anda menghindari berbagai jenis minuman berikut ini:

1. Kopi

Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik, yaitu meningkatkan laju pembuangan air dari tubuh melalui pembentukan urine. Agar tetap aman, jaga konsumsi kafein per hari sejumlah 200-300 mg atau kurang lebih 2-3 cangkir. Selain itu, hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya dalam kopi Anda.

Gula bersifat menarik cairan dari jaringan tubuh, sehingga berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi kopi decaf, yang mengandung kafein dalam jumlah lebih sedikit.

2. Alkohol

Sama seperti kopi, alkohol juga memiliki sifat diuretik. Jadi, jangan heran jika anda sering merasa kebelet saat mengonsumsi alkohol. Sebab, konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan mengganggu kerja tubuh dalam menyerap cairan.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar