Waspada! Calon Bayi Berpotensi Autis Jika Ibu Obesitas

Waspada! Calon Bayi Berpotensi Autis Jika Ibu Obesitas
Hamil saat obesitas. Foto:.nurseland.net

Calon ibu yang obesitas dan menderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi melahirkan anak dengan autisme dibandingkan perempuan sehat. Ini berdasarkan penelitian baru pada lebih dari 2.700 pasangan ibu-anak. Dua kombinasi kondisi ini hampir empat kali lipat memunculkan risiko itu.

" Temuan ini tidak mengejutkan. Banyak penelitian telah menunjukkan ibu hamil yang obesitas dan diabetes akan memiliki dampak buruk pada perkembangan janin dan kesehatan metabolisme jangka panjang mereka " kata penulis studi, Dr. Xiaobin Wang, seperti dilansir laman Safebee,

Para peneliti memiliki bukti bahwa ibu hamil yang obesitas dan diabetes juga berdampak pada perkembangan saraf jangka panjang anak-anak mereka. Penelitian yang melacak lebih dari 2.700 kelahiran, menambah bukti bahwa risiko autisme mungkin dimulai sebelum kelahiran. Di Amerika Serikat, lebih dari sepertiga dari wanita usia reproduksi mengalami obesitas, sementara hampir 10 persen berjuang dengan diabetes.

“Studi lebih lanjut akan diperlukan sebelum berkata definitif bahwa kombinasi dari ibu obesitas dan diabetes sebenarnya menyebabkan autisme,” tegasnya. Studi ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Pediatrics.(fny/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News