Waspada, ini 4 Dampak Buruk Berdiri Terlalu Lama

Waspada, ini 4 Dampak Buruk Berdiri Terlalu Lama
Ilustrasi kaki. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dengan duduk di hadapan komputer sepanjang hari. Namun, tak sedikit pula pekerjaan yang menuntut seseorang untuk memiliki kebiasaan berdiri terlalu lama. Tak jarang, mereka pun harus berdiri statis hingga delapan jam sehari.

Apakah Anda salah satu di antara orang-orang yang memiliki kebiasan berdiri terlalu lama? Jika ya, Anda perlu sangat waspada. Ini karena kebiasaan berdiri terlalu lama dapat menyebabkan penyakit, dari yang ringan hingga mematikan!

Dampak Negatif Berdiri Terlalu Lama

Berdiri memang merupakan postur alami tubuh. Namun, bila Anda berdiri dalam waktu lama tanpa atau dengan sedikit pergerakan (statis), risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan bisa meningkat berlipat ganda.

Berikut ini adalah beberapa efek samping berdiri terlalu lama bagi kesehatan:

1. Varises Kaki

Varises kaki bisa terjadi sebagai akibat berdiri terlalu lama. Sebab, ketika berdiri terlalu lama, darah di kaki akan berkumpul dalam pembuluh darah.

Dalam jangka waktu tertentu, hal tersebut akan menyebabkan pembuluh darah mengalami pelebaran yang disebut varises kaki.

Berdiri memang merupakan postur alami tubuh, namun, bila Anda berdiri dalam waktu lama tanpa atau dengan sedikit pergerakan (statis), risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan bisa meningkat berlipat ganda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News