Waspada Kabut Asap, Riau Sumbang 53 Hotspot

Waspada Kabut Asap, Riau Sumbang 53 Hotspot
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan beberapa titik api yang membakar lahan di Pekanbaru, kemarin. foto: Riau Pos / JPNN

jpnn.com - PEKANBARU - Berdasarkan rilis BMKG stasiun Bandara SSK II Pekanbaru, Riau menyumbang 53 hotspot dari 69 hotspot di pulau Sumatera. Hal ini diketahui dari monitoring satelit Terra dan Aqua update Sabtu (5/3) pukul 16.00 WIB.

Di Sumatera ada 69 titik, 16 di Sumut, dan Riau 53 hotspot. Hal ini menunjukkan Riau menjadi daerah penyumbang terbanyak untuk hotspot, tersebar di Bengkalis 19, Dumai 18, Meranti 7, Siak 5, Inhil 1, Inhu 1 dan Pelalawan 1.

"Jumlah update sore ini meningkat dari update pagi," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Slamet Riyadi kepada Riau Pos (grup JPNN), Sabtu.

Untuk hotspot update 7 pagi, di Sumatera ada 25 hotspot, Sumut 1 dan Riau 24 hotspot, terdapat di Bengkalis 3, Meranti 2, Dumai 10 dan Siak 9.

Disebutkannya juga, angin secara umum dari arah  Utara sampai dengan Timur  dengan  kecepatan 5  – 20  knots (9 – 36 km/jam). Dan kondisi munculnya hotspot di Riau juga bisa dipengaruhi oleh cuaca panas, dimana untuk temperatur maksimum mencapai 34.0 derajat celsius. 

Untuk cuaca secara umum di wilayah Riau disebutkan cerah hingga berawan. "Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata, terjadi di wilayah Riau bagian tengah dan selatan pada sore atau malam hari," katanya.

Jumlah hotspot meningkat, kondisi ini tentunya membuat kewaspadaan untuk semua unsur supaya Riau tidak lagi terbelenggu dengan bencana kabut asap. Meski saat ini kondisi jarak pandang masih aman.(gus/ray/JPNN)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News