Waspada! Korban Sodomi Rentan jadi Pelaku Berikutnya

Waspada! Korban Sodomi Rentan jadi Pelaku Berikutnya
Kekerasan pada anak. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Kasus sodomi anak kembali terjadi, tepatnya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Seorang anak berusia 10 tahun dilaporkan telah melakukan tindak sodomi kepada 6 teman mainnya yang baru berusia 5-9 tahun.

Mirisnya pelaku diketahui juga merupakan korban sodomi yang kasusnya terjadi pada Desember 2017 lalu.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise sangat prihatin sekaligus menyayangkan terjadinya kasus ini.

Dia meminta untuk fokus memberikan penanganan rehabilitasi pada anak korban sodomi

Yohana juga meminta agar pelaku yang masih tergolong anak, perlu dibina, didampingi, dan dipulihkan.

“Kasus ini membuktikan anak korban sodomi berpotensi besar menjadi pelaku kasus yang sama ke depannya. Untuk itu sangat perlu dilakukan proses pembinaan, pendampingan, dan pemulihan bagi korban maupun pelaku," ujar Menteri Yohana, Kamis (15/3).

Menurut dia, kasus ini tidak bisa dilakukan diversi. Sebab syarat dilakukannya diversi adalah bukan merupakan pengulangan tindak pidana dan sanksi hukumannya di atas 7 tahun.

Sedangkan dalam hal ini sanksi hukumannya paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun berdasarkan Pasal 82 ayat (1) Undang-undang Nomor 17 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-Undang.

Selain itu, menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, dalam hal anak belum berumur 12 tahun melakukan atau diduga melakukan tindak pidana, Penyidik, Pembimbing Kemasyarakatan, dan Pekerja Sosial Profesional bisa mengusulkan kepada Pengadilan untuk menetapkan agar anak diserahkan kembali kepada orang tua/Wali atau diikutsertakan dalam program pendidikan, pembinaan, dan pembimbingan di instansi pemerintah atau LPKS di instansi yang menangani bidang kesejahteraan sosial, baik di tingkat pusat maupun daerah, paling lama 6 bulan.

Pelaku berinisial D, diketahui kurang mendapat perhatian dan pengawasan dari orang tuanya.

Dia sering mengamen di Singaparna, Tasikmalaya dan kerap pulang larut malam. Pelaku juga gemar menonton video asusila di warung internet (warnet).

Seorang anak yang pernah menjadi korban sodomi kini melakukan hal yang sama terhadap temannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News