Waspada, Kosmestik Kedaluwarsa Mengancam Kesehatan Kulit

Waspada, Kosmestik Kedaluwarsa Mengancam Kesehatan Kulit
Ilustrasi kosmetik. Foto: AFP

jpnn.com - Sebagian besar wanita tentu gemar berbelanja kosmetik seperti bedak, lipstik, pensil alis, dan sebagainya.

Bahkan, ada beberapa wanita yang mengoleksi kosmetik. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan itu, yang menjadi masalah adalah bila Anda tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsanya, sehingga secara tidak sengaja menggunakannya.

Menurut DailyMail, penggunaan kosmetik yang melebihi batas waktu yang ditetapkan bisa mengancam kesehatan. Sama seperti makanan, kosmetik yang sudah kedaluwarsa dapat membahayakan kesehatan.

Berdasarkan pernyataan dr. Theresia Rina Yunita, kosmetik yang sudah kedaluwarsa telah kehilangan fungsi optimalnya. Selain itu, kosmetik yang sudah kedaluwarsa adalah media bagi pertumbuhan bakteri yang bisa menimbulkan jerawat, kemerahan, dan masalah kulit lainnya pada wajah.

Selain itu, kosmetik kedaluwarsa yang mengenai mata bisa menyebabkan infeksi dan mata merah. Menggunakan lipstik yang sudah kedaluwarsa juga bisa menyebabkan pembengkakan.

Anda juga perlu menaruh perhatian khusus terhadap produk kosmetik yang terbuat dari bahan alami yang cenderung memiliki daya tahan lebih pendek karena tidak memiliki kandungan pengawet.
Kosmetik yang memiliki bahan alami juga berpotensi memiliki tingkat bakteri yang lebih tinggi saat sudah kedaluwarsa.

Menurut dr. Karin Wiradarma, pada umumnya, kosmetik seperti eyeshadow, blush on, concealer, foundation, dan primer memiliki masa kedaluwarsa 36 bulan.

Sementara itu lipstik dan lipgloss memiliki masa kedaluwarsa 30 bulan. Sedangkan maskara dan eyeliner memiliki masa kedaluwarsa 24 bulan, serta bedak tabur punya masa kedaluwarsa 60 bulan.

Mulai sekarang tampaknya Anda perlu rajin mengecek batas kadaluarsa kosmetik yang digunakan sehari-hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News