Waspadai 10 Modus Joki SBMPTN

Waspadai 10 Modus Joki SBMPTN
Waspadai 10 Modus Joki SBMPTN
MALANG - Tes tulis Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan digelar  hari Selasa-Rabu (18-19/6/2013). Naskah soal telah tiba Sabtu (15/6) di Malang.

”Naskah sudah datang hari ini ( kemarin,red), lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Dan kami memiliki tugas untuk mengamankan naskah sampai pelaksanaan Selasa nanti," ujar Ketua Panlok Malang, Prof Hendyat Soetopo kepada Malang Post (JPNN Group).

Panlok Malang menjamin keberadaan naskah soal ini aman sampai hari H. Salah satu cara pengamanan adalah dengan memasang tiga gembok pengaman naskah. Masing-masing dipegang oleh UB, UM dan UIN Maliki. “Karena yang memegang gembok tiga pihak maka untuk membukanya harus ada tiga saksi,” kata dia.

Selama ini lanjutnya pelaksanaan SBMPTN memang tergolong aman karena mulai proses pembuatan hingga pencetakan yang sangat rahasia. Hanya saja yang perlu diwaspadai adalah mengenai keberadaan joki yang selalu membayangi pelaksanaan tes tulis tiap tahunnya. ”Kami sudah mengidentifikasi 10 modus yang biasanya digunakan joki, termasuk mengantisipasi dengan teknologi yang masih kami rahasiakan,” ujarnya.

MALANG - Tes tulis Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan digelar  hari Selasa-Rabu (18-19/6/2013). Naskah soal telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News