Waspadai Virus Influenza A H1N1

Waspadai Virus Influenza A H1N1
Waspadai Virus Influenza A H1N1
JAKARTA- Padatnya arus mudik musim lebaran menimbulkan kerawanan terjangkit penyakit menular. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah influenza A H1N1.

“Risiko penularan semakin tinggi karena banyak orang berkumpul dalam jumlah besar atau bepergian. Apalagi pada saat itu kondisi badan akan mengalami rasa letih dan daya tahan tubuh menurun,” kata Ditjen P2PL Depkes Prof dr Tjandra Yoga Aditama, Sp.P (k) MARS kepada JPNN saat ditanya soal penyakit yang bakal banyak terjangkit di Hari Raya Idul Fitri ini.

Lebih lanjut dikatakannya, penyakit saluran pernapasan, seperti influenza, relatif akan mudah menular. Apalagi influenza A H1N1 yang sudah menjadi wabah mendunia dan penularannya terjadi antarmanusia. Dengan itu risiko penularan dapat ditekan dengan kebiasaan sehat yang mudah dilakukan seperti mencuci tangan, tidak bersin sembarangan dan menggunakan masker.

“Tidak menjamin memang bebas dari penularan sama sekali. Tapi langkah ini salah satu usaha optimal yang bisa dilakukan dan bagian dari upaya pencegahan,” katanya.

JAKARTA- Padatnya arus mudik musim lebaran menimbulkan kerawanan terjangkit penyakit menular. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah influenza

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News