Webinar REQSpace-REQComm: Strategi Bisnis UMKM Tembus Pasar Global

Webinar REQSpace-REQComm: Strategi Bisnis UMKM Tembus Pasar Global
Webinar diskursus 'Strategi Memulai Bisnis Ekspor from Zero to Hero' yang diselenggarakan oleh REQSpace yang bekerja sama dengan REQComm di Jakarta, Sabtu (2/12). Foto: dok pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Para pelaku UMKM Indonesia saat ini dihadapkan sejumlah tantangan bisnis untuk bersaing dalam memasarkan produknya di pasar ekspor global.

Konsultan Komunikasi REQComm Retno Kusumastuti membagikan tips bagaimana cara beretika dalam komunikasi bisnis yang baik, terutama dalam hal ekspor bagi pemula.

Hal itu dibagikan oleh Retno dalam webinar diskursus 'Strategi Memulai Bisnis Ekspor from Zero to Hero' yang diselenggarakan oleh REQSpace yang bekerja sama dengan REQComm di Jakarta, Sabtu (2/12).

"Etika komunikasi bisnis merupakan step awal sebuah UMKM dalam berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk menghadapi tantangan ekspor, misalnya terhadap calon pelanggan atau buyer bahkan pesaing usaha dan pemerintah," kata Retno.

Menurutnya, etika dalam komunikasi bisnis bertujuan agar komunikasi yang terjalin dalam konteks bisnis menjadi jujur, adil dan bertanggung jawab.

Sehingga, tidak ada langkah yang mengarah ke hal negatif, khususnya dalam mencermati kebutuhan konsumen terhadap produk-produk di pasar global

"Selain itu yang dibutuhkan adalah prinsip dasar dalam etika bisnis, pertama adalah kejujuran, karena menyembunyikan fakta dan memberikan informasi yang menyesatkan akan merusak reputasi perusahaan," kata Retno.

Kemudian kerahasiaan, menurutnya pelanggaran privasi akan berujung pada sanksi hukum. Misalnya menjual data base para pelanggan.

Para pelaku UMKM Indonesia saat ini dihadapkan sejumlah tantangan bisnis untuk bersaing dalam memasarkan produknya di pasar ekspor global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News