Weilin Han: Penunjukan Mas Nadiem sebagai Mendikbud Membuat Saya Terkejut

Weilin Han: Penunjukan Mas Nadiem sebagai Mendikbud Membuat Saya Terkejut
Dari kiri: Boedi Tjusila, Irwan Syahril (staf khusus Mendikbud Nadiem Makarim), Weilin Han. Foto: Mesya/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi Pendidikan Anak Weilin Han optimistis Mendikbud Nadiem Makarim bisa membawa perubahan. Dia yakin sektor pendidikan ke depannya lebih bagus.

"Penunjukan Mas Nadiem sebagai mendikbud membuat saya terkejut dan optimistis. Saya optimistis Mas Nadiem akan menbawa anak-anak berubah agar tidak tertinggal. Karena Mas Nadiem mengantisipasi perubahan," kata Weilin, usai memberikan paparan dalam bincang edukasi bertema “Nurturing Entrepreneurship Learning with Academic Excellence for 4.0 Generation” di Sekolah Citra Kasih Don Bosco, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).

Meski begitu, Weilin mengimbau Nadiem untuk tidak menyederhanakan masalah pendidikan. Ketika akan membangun masyarakat yang beradab Ki Hajar Dewantara, budaya tidak bisa ditinggalkan. Karena DNA bangsa kita ada di budaya.

Budaya tidak sekadar tari-tarian untuk dijual sebagai industri pariwisata. Budaya harus jadi pondasi masa depan pendidikan.

"Mas Nadiem punya tantangan besar bagaimana mengajak kementerian, gubernur, walikota/bupati untuk saling berkoordinasi sehingga semuanya bergerak dalam memajukan pendidikan. Saya optimistis Mas Nadiem bisa karena daerah sudah gerah, ingin berubah," ucapnya.

Pada kesempatan sama, Irwan Syahril, pengamat pendidikan anak yang juga staf khusus Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, pihaknya sangat berpihak kepada siswa. Jadi setiap kebijakan dan rencana pogram Kemendikbud harus bisa menjawab serta berdampak pada tumbuh kembangnya anak secara baik, dengan utuh.

Dia menyebutkan, Mendikbud Nadiem sangat percaya perubahan. Ibarat sebuah tata surya kalau planet berhenti bergerak itu dunia kiamat. Jadi itu sebenarnya harus terus bergerak. Dan planet itu bergeraknya tidak ada yang sama.

"Ibarat anak juga pergerakannya tidak sama. Ada planet yang bergeraknya cepat, ada yang panas. Anak juga sama ada yang berbeda-beda. Namun, pada ujungnya mereka akan mencapai tujuan sama yaitu nilai-nilai kemanusiaan yang universal," terangnya.

Weilin Han optimistis Mendikbud Nadiem Makarim bisa membawa perubahan di sektor pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News