WikiLeaks Bocorkan Jutaan Kawat Diplomatik AS Lagi

WikiLeaks Bocorkan Jutaan Kawat Diplomatik AS Lagi
WikiLeaks Bocorkan Jutaan Kawat Diplomatik AS Lagi
SYDNEY - WikiLeaks kembali membocorkan 1,7 juta dokumen kawat diplomatik Amerika Serikat (AS) selama periode 1973-1976, termasuk dokumen rahasia selama Menlu AS Henry Kissinger menjabat. Berbagai dokumen yang dirilis Senin (8/4) itu  juga dikenal sebagai "Public Library of US Diplomacy" or "Plus D", termasuk dokumen-dokumen rahasia yang diklasifikasikan sebagai sejarah diplomatik AS.

Catatan baru yang berasal semasa tahun 1973-1976, termasuk mengenai komunikasi yang dikirimkan kepada Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Henry Kissinger yang dikenal sebagai "The Kissinger cables''. Sang pendiri WikiLeaks, Julian Assange,  sebelumnya telah memperingatkan tentang rilis ini.

Laporan terbaru ini mengungkapkan berbagai catatan termasuk komunikasi kabel, laporan intelijen dan korespondensi kongres. Seperti dilansir news.com,  Assange kini tengah berlindung di Kedutaan Ekuador di London. Assange mengatakan kepada asosiasi pers bahwa dokumen itu menyoroti "berbagai macam dan ruang lingkup" pengaruh AS di seluruh dunia.

Assange melarikan diri ke Kedutaan Ekuador pada bulan Juni setelah kalah di pengadilan Inggris saat menggugat ekstradisi ke Swedia. Ekuador memberinya suaka pada bulan Agustus, meski Inggris telah menolak untuk mengizinkannya tinggal di negara itu.

SYDNEY - WikiLeaks kembali membocorkan 1,7 juta dokumen kawat diplomatik Amerika Serikat (AS) selama periode 1973-1976, termasuk dokumen rahasia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News