World Clean-up Day Indonesia bersama Konten Kreator Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung

World Clean-up Day Indonesia bersama Konten Kreator Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung
World Clean-up Day Indonesia bersama konten kreator membersihkan sampah di Sungai Ciliwung. Foto source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Jerhemy Owen, content creator khusus bidang lingkungan dari Mantappu Corp. mengajak Andy Bahari selaku leader World Cleanup Day Indonesia untuk membersihkan sungai Ciliwung.

Ide ‘Bersih-bersih Sungai Ciliwung bersama Content Creators' ini datang dari kegelisahan Jerhemy Owen melihat kurangnya kesadaran masyarakat di Indonesia akan pentingnya menjaga lingkungan, terutama dari hal yang paling simple, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Kegiatan ini diharapkan bisa semakin menggaungkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi Z terhadap isu-isu lingkungan, khususnya bidang persampahan di Indonesia.

Sejumlah konten kreator yang berpartisipasi dalam acara ini di antaranya Leonardo Edwin, Turah Parthayana, Jehian Sijabat, Dennis Kho, Erika Richardo, Vania Herlambang, Rian Farhadi ‘Presiden Gen Z’, Pandawara Group, Bima ‘Backpacker Tinggi’, dan Rinaldi Nur Ibrahim.

Selain konten kreator, acara ini juga dihadiri oleh sepuluh sukarelawan terpilih dari total 513 pendaftar, yang berkesempatan mengikuti kegiatan bersih-bersih sungai Ciliwung, sharing session mengenai lingkungan.

“Kami menyadari aksi clean up ini bukanlah solusi jangka panjang. Namun bukan berarti ketika lingkungan kotor, kita saling menunjuk jari tanpa aksi nyata. Kegiatan bersih-bersih secara konsisten diharapkan memantik kesadaran dalam upaya menumbuhkan perubahan perilaku masyarakat secara berkelanjutan atas permasalahan sampah yang kita hadapi," kata Andy Bahari.

Dari kegiatan tersebut berhasil terkumpul sampah sebanyak 1,35 ton, yang didominasi oleh jenis tekstil dan plastik sekali pakai.

Sampah-sampah tersebut akan dipilah ulang dan didaur ulang oleh Waste4Change, perusahaan manajemen sampah yang mendukung konsep zero-waste to landfill dan circular economy.

Dari kegiatan tersebut berhasil terkumpul sampah sebanyak 1,35 ton, yang didominasi oleh jenis tekstil dan plastik sekali pakai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News