Wow! Anies Bakal Jadikan Wilayah Ini Kawasan Segitiga Emas

Wow! Anies Bakal Jadikan Wilayah Ini Kawasan Segitiga Emas
Anies Baswedan siap maju capres. Foto/dok: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menetapkan sejumlah wilayah di ibu kota sebagai kawasan strategis ekonomi hingga budaya.

Hal itu tercantum dalam Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 25 Tahun 2022 Tentang Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2023-2026.

“Dalam rancangan RTRW 2040 direncanakan pula kawasan-kawasan strategis untuk kepentingan ekonomi, sosial, budaya, serta lingkungan,” bunyi Pergub tersebut, dikutip Kamis (22/9).

Kawasan strategis ekonomi yang direncanakan antara lain segitiga emas (Sudirman, Kuningan, dan Rasuna) sebagai central business district (CBD), dan inovasi digital, lalu Kepulauan Seribu sebagai pulau pariwisata.

Selanjutnya, kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung sebagai sentra UMKM, green industry, dan sentra perikanan.

“Tanah Abang dan Tanjung Priok sebagai hub logistik dan perdagangan,” lanjut pergub itu.

Kemudian, kawasan Cikini, Jakarta International Stadium (JIS), Bandar Kemayoran, dan Ancol akan dijadikan kawasan strategis sosial dan budaya.

Kawasan wisata budaya pesisir meliputi Setu Babakan, Menteng, dan Kebayoran Baru untuk pengembangan budaya urban dan cagar budaya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menjadikan wilayah ini sebagai kawasan segitiga emas. Begini rencananya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News