Wow... BKSDA Evakuasi Buaya Sepanjang 7 Meter

Wow... BKSDA Evakuasi Buaya Sepanjang 7 Meter
Wow... BKSDA Evakuasi Buaya Sepanjang 7 Meter

jpnn.com - SAMBAS- Kedatangan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Kalbar di Waterfront Sambas, Kamis (10/9) mengundang perhatian warga. Seekor buaya sepanjang 7 meter dievakuasi petugas menggunakan speedboat dari Dusun Keranji, Kecamatan Sambas.

Anggota Polhut Provinsi Kalbar, Asmadi menjelaskan, evakuasi buaya jenis muara dilakukan atas permintaan Ala, warga tepian Sungai Dusun Keranji yang sudah tidak mengurus buaya tersebut. Menggunakan speedboat, petugas membawa buaya tersebut ke Waterfront di Desa Dalam Kaum. Selanjutnya, dipindahkan ke mobil pickup untuk dibawa ke Sinka Zoo Singkawang.

“Kami evakuasi atas permintaan pemiliknya, dan dipindahkan di kebun binatang,” ujarnya mewakili Kepala Seksi Wilayah III BKSDA Kalbar, P Samosir.

Diserahkannya buaya ini, karena pemiliknya tidak mampu menanggung biaya pemeliharaan yang sangat besar. “Buaya ini jenis biaya muara, usianya diperkirakan sekitar 18 tahun. Bobot buaya lebih dari 300 kilogram, dan panjang badan lebih kurang 7 meter,” jelas Asmadi.

Dia mengimbau warga yang memelihara satwa, maupun flora langka atau yang dilindungi dapat menyerahkannya ke BKSDA. “Buaya muara ini selanjutnya akan dibawa ke Lembaga Konservasi BKSDA Singkawang di Kebun Binatang Sinka Zoo, karena BKSDA memiliki lembaga mitra untuk pemeliharaan lebih lanjut,” ujarnya. (edo)


SAMBAS- Kedatangan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Kalbar di Waterfront Sambas, Kamis (10/9) mengundang perhatian warga.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News