WOW! Diskes Daerah Ini Bentuk 65 Posko, Sediakan Akupuntur

WOW! Diskes Daerah Ini Bentuk 65 Posko, Sediakan Akupuntur
Posko kesehatan mudik. Foto: dok RMOL

jpnn.com - BANDARLAMPUNG – Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung membentuk 65 pos koordinasi (posko) yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota se-Lampung. 

Kepala Seksi Informasi dan Hubungan Masyarakat Diskes Lampung Asih Hendrasturi mengatakan, posko kesehatan tersebut antara lain di Bandarlampung ada 5 titik, Persawaran (3), Lampung Selatan (6), Metro (4), Lampung Tengah (6), Lampura (6), Lampung Barat (3), Pesisir Barat (4), dan Tulangbawang Barat (2). 

Untuk di Bandarlampung terletak di Terminal Induk Rajabasa, depan Ramayana Jalan Raden Intan, Pasar Bambukuning, Lapangan Baruna Panjang, dan Kotakarang. Posko ini dibuka selama 24 jam. 

”Ada dua lokasi yang tersedia pelayanan pijat akupresur dan akupuntur, yakni di terminal Rajabasa dan Pasir Putih,” kata Asih seperti dikutip dari Radar Lampung (Jawa Pos Group).  

Menurut dia, posko kesehatan ini untuk mengurangi angka kecelakaan akibat kelelahan dalam perjalanan mudik. Petugas yang berjaga sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga dokter, satu perawat, dan satu pengobat tradisional. Mereka didampingi dan diawasi oleh Diskes Lampung.

Menurut dia, posko ini tidak mutlak menjadi tanggung jawab Diskes Lampung. Sebab,  pemerintah daerah atau Diskes kabupaten/kota bisa mengkoordinasi langsung bantuan dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang letaknya dekat dengan jalur mudik. 

”Untuk itu juga dalam satu hari setidaknya kami mengecek keliling keberadaan posko. Agar jika ada kekurangan pelayanan atau alat kesehatanbisa langsung dikomunikasikan,” kata dia.  

Sementara, pada H-1 Idul Fitri 1437 Hijriah, Selasa (5/7), alur penumpang yang keluar-masuk Jawa-Sumatera yang melewati Lampung lebih sedikit ketimbang tahun lalu. 

BANDARLAMPUNG – Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung membentuk 65 pos koordinasi (posko) yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota se-Lampung. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News