Wow! Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal sampai Surabaya Lho, Kok Bisa?

Wow! Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal sampai Surabaya Lho, Kok Bisa?
Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian berencana akan melakukan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sampai Surabaya dengan melewati Yogyakarta.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Mohamad Risal Wasal menyatakan bahwa nama proyek tersebut tetap Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Namun, nantinya kereta ini tetap kita programkan sampai Surabaya melewati Yogyakarta," ujar Risal dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (5/7).

Menurut Risal, untuk KCJB ke arah Bandung bakal terintegrasi dengan Stasiun Padalarang di mana tersedia kereta feeder.

Memang kereta feeder tersebut tidak disediakan di stasiun akhir kereta cepat yang berada di Tegalluar karena jarak yang cukup jauh.

"Dengan kereta feeder maka dari Stasiun Padalarang ke Bandung membutuhkan waktu 15 menit, sehingga total perjalanan Jakarta-Bandung membutuhkan waktu 39 menit dengan kereta cepat," katanya.

Lebih lanjut, Risal menyebutkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodebek 2023 bakal dioperasionalkan, di mana LRT siap dioperasionalkan pada 18 Agustus.

Bersama dengan tanggal operasional kereta LRT Jabodebek, Kementerian Perhubungan juga melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian berencana akan melakukan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sampai Surabaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News