Wow! Sandi Pengin Pajak Air Tanah Naik Seribu Persen

Wow! Sandi Pengin Pajak Air Tanah Naik Seribu Persen
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerima kunjungan sejumlah komunitas pesepeda di Balai Kota DKI, Rabu (7/3). FOTO: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membenarkan pihaknya tengah mengkaji kenaikan pajak air tanah seribu persen. Cara itu dinilai bakal efektif untuk menekan penggunaan air tanah di ibu kota.

"Itu lagi dikaji. Tapi kami akan (terapkan) untuk daerah-daerah yang sudah dialiri oleh PAM Jaya," kata Sandi di kawasan Clincing, Jakarta Utara, Kamis (22/3).

Menurut Sandi, setiap tahun permukaan tanah di Jakarta mengalami penurunan tujuh centimeter. Karena itu, Sandi mengharapkan semua pihak beralih menggunakan air dari PAM Jaya.

"Harus diberikan insentif yang sangat-sangat signifikan agar memastikan orang beralih ke penggunaan air PAM," kata Sandi.

Pemprov DKI tengah getol menekan penggunaan air tanah di gedung-gedung dan kompleks perumahan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini mengeluarkan Keputusan Gubernur Nomor 279 Tahun 2018.

Kepgub itu mengatur tentang pembentukan tim pengawasan terpadu penyediaan sumur resapan serta instalasi pengelolaan air limbah dan pemanfaatan air tanah di bangunan gedung dan perumahan. (tan/jpnn)


Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membenarkan pihaknya tengah mengkaji kenaikan pajak air tanah seribu persen


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News