Wuih, Singapura Kota Termahal di Dunia

Wuih, Singapura Kota Termahal di Dunia
Singapura. Foto: AFP

SINGAPURA—Singapura dianggap sebagai kota termahal di dunia. Ini berdasarkan Economist Intelligence Unit (EIU) yang kembali menobatkan negara persemakmuran Inggris tersebut. Hingga saat ini, belum ada yang bisa menyaingi tingginya biaya hidup di kota paling sibuk se-Asia Tenggara tersebut. Khususnya bagi ekspatriat atau kaum pendatang.

Tahun ini, menurut EIU, Singapura kembali mengungguli Kota Zurich di Swiss. Hongkong, Jenewa, dan Paris yang masing-masing berada pada urutan ketiga, keempat, dan kelima. Menyusul pada urutan keenam dan ketujuh adalah Kota London di Inggris dan Kota New York di Amerika Serikat (AS). Di urutan terakhir tertera nama Kota Lusaka yang merupakan ibu kota Zambia sebagai kota termurah. 

"Selama 17 tahun melakukan survei, saya tidak pernah menemui lonjakan biaya hidup yang setinggi 2015," kata Jon Copestake yang terlibat dalam survei EIU kemarin (10/3).

 Tahun lalu biaya hidup di kota-kota besar di seluruh dunia memang meningkat. Selain karena tidak stabilnya nilai tukar dolar AS terhadap mata uang lainnya, jatuhnya harga minyak dan perang di Timur Tengah menjadi pemicu. 

Total 133 kota menjadi objek survei EIU kali ini. Tiap negara diwakili satu kota. Kecuali, India yang diwakili Kota Bangalore dan Mumbai. Dua kota tersebut menempati urutan kedua dan ketiga dari belakang. (BBC/thestraitstimes/hep/c10/any/flo/jpnn) 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News