Wujudkan Indonesia Emas 2045, Harus Perbaiki SDM Penduduk

Wujudkan Indonesia Emas 2045, Harus Perbaiki SDM Penduduk
Mahasiswa. Ilustrasi Foto: Dipta/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Negara dituntut untuk meningkatkan sumber daya manusia demi mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Sebab, tanpa memperbaiki SDM, Indonesia akan kesulitan terlebih bonus demografi bisa menjadi boomerang jika tidak diantisipasi.

Oleh karena itu, Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) mencanangkan gerakan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

KAMMI membentuk gerakan nasional bernama Jayakan Indonesia (Jayanesia) 2045.

Ketua Umum PP KAMMI Irfan Ahmad Fauzi menyatakan, pihaknya selaku organisasi mahasiswa siap berperan untuk menjadikan organisasi berorientasi kebangsaan dan juga kekaryaan.

“KAMMI siap mencetak SDM unggul agar bisa berperan aktif pascakampus, di mana puncaknya pada tahun 2045,” kata dia dalam keterangan yang diterima, Selasa (22/5).

Irfan menyebut gerakan ini akan berkeliling di berbagai kota di Indonesia.

Tujuannya adalah mengajak mahasiswa dan pemuda bergabung di gerakan ini.

“Mereka yang bergabung akan diberikan fasilitas pengembangan dan peningkatan kapasitas diri sesuai dengan minat dan bakat. Bentuknya bisa soft skill maupun hard skill,” jelasnya.

Pascaditempa, harap Irfan, mereka siap dilepas dan bertugas menjayakan Indonesia pada 2045. Apalagi, kata dia, menuju 2045, Indonesia akan menghadapi bonus demografi.

Di mana penduduk usia produktif akan lebih banyak dibandingkan penduduk usia tua. Dia menyebut bonus demografi wajib dibarengi dengan kualitas SDM yang unggul.

Indonesia masih kalah dari Singapura dan Malaysia terkait kualitas SDM penduduk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News