Wuling Akan Produksi Mesin dan Transmisi Secara Lokal, Asal

Wuling Akan Produksi Mesin dan Transmisi Secara Lokal, Asal
Pabrik Wuling Motor di Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, CIKARANG - Dari sekitar 56 persen kandungan komponen lokal yang sudah dipenuhi, Wuling Motors mengakui bahwa powertrain (mesin dan transmisi) masih diimpor secara utuh untuk seluruh produk kendaraan mereka di Indonesia.

Peningkatan persentase komponen lokal pada kendaraan pun terus diupayakan, termasuk keinginan Wuling bisa memproduksi mesin dan transmisi di pabrik Wuling Cikarang, Jawa Barat.

Hanya saja, langkah tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Senior Director Manufacturing Wuling Motors Arif Pramadana mengatakan perlu sejumlah syarat ketika Wuling Motors ingin memproduksi mesin dan transmisi secara lokal.

"Memproduksinya (mesin dan transmisi) perlu investasi besar. Itu juga tentu didukung dari permintaan yang ditentukan minimal 120 ribu unit per tahun," tegas Arif saat menemani media dalam kunjungan pabrik Wuling Motors, Selasa (8/5).

Jumlah tersebut diakui masih belum bisa tercapai untuk saat ini, sehinga mau tidak mau harus impor langsung dari China.

Selain itu, pertimbangan lainnya sambung Arif karena memang produksi di pabrik Wuling China sangat besar.

"Sehingga buat menuhin permintaan mesin dan transmisi untuk pasar Indonesia tentu sangat mudah. Ini setidaknya bagi kami pilihan yang jauh lebih efisien dengan mengimpor langsung dibanding harus berinvestasi lebih besar lagi," pungkasnya. (mg8/jpnn)


Wuling Motors mengakui bahwa mesin dan transmisi masih diimpor secara utuh untuk seluruh produk kendaraan mereka di Indonesia. Jadi kapan produksi lokal?


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News