Xi Jinping Utus Wapres Tiongkok ke Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Xi Jinping Utus Wapres Tiongkok ke Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Wamenlu RI AM Fachir usai mendampingi Presiden Jokowi menerima utusan Presiden RRT di Istana Bogor, Jawa Barat pada Jumat (20/9). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RTT) Xi Jinping dipastikan tidak menghadiri pelantikan Joko Widodo alias Jokowi sebagai Presiden RI periode 2019-2024, pada 20 Oktober mendatang. Dia hanya mengirim wakilnya Wang Qishan.

Kabar ini disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Abdurrahman Mohammad Fachir usai mendampingi Presiden Jokowi saat menerima Penasihat Hubungan Luar Negeri/Anggota Komisi Urusan Luar Negeri Presiden RRT, Song Tao, di Istana Bogor.

Menurut Fachir, rencana kehadiran Wang Qishan disampaikan Song Tao kepada Jokowi dalam pertemuan tersebut. Sekaligus ucapan selamat karena suami Iriana tetpilih kembali di Pemilu 2019 lalu.

"Tadi juga disampaikan akan ada wakil presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan Bapak Presiden pada 20 Oktober nanti dan Bapak Presiden mengatakan terhormat kalau dihadiri juga oleh wakil presiden Tiongkok," ungkap Fachir.

Menurut Tao, lanjut Fachir, kehadiran Wapres Tiongkok Wang Qishan untuk menunjukkan adanya hubungan baik dan strategis antara Tiongkok dengan Indonesia.

"Tiongkok akan memberi perhatian yang lebih baik yang menunjukkan hubungan yang sangat penting dan strategis antara Tiongkok dengan Indonesia," jelas Fachir. (fat/jpnn)

Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RTT) Wang Qishan, direncanakan bakal menghadiri proses pelantikan Joko Widodo alias Jokowi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News