Xiaomi Kembangkan Fitur Penangkal Aplikasi Berbahaya, Kamu Wajib Tahu

Xiaomi Kembangkan Fitur Penangkal Aplikasi Berbahaya, Kamu Wajib Tahu
ilustrasi, Logo. Xiaomi. Foto: Antara

jpnn.com - Xiaomi tengah mengembangkan sistem antarmuka mereka MIUI ke versi terbaru, MIUI 13, yang disiapkan meluncur pada Juni 2022.

Xiaomi juga berinvestasi pada divisi bertajuk Pioneer Team, secara khusus bertugas untuk mengumpulkan dan menjawab umpan balik dari pengguna MIUI.

Salah satu pendatang baru yang menarik perhatian pemerhati teknologi ialah MIUI Pure Mode.

Fitur tersebut dikembangkan untuk menjawab kekhawatiran pengguna terkait aplikasi berbahaya yang kerap menyerang handphone Android.

Pasalnya, berdasarkan data internal Xiaomi, sekitar 40 persen jika aplikasi berbahaya itu terpasang di perangkat menggunakan installer MIUI default, tidak lulus audit keamanan Xiaomi.

Sementara itu, sekitar 10 persen dari aplikasi tersebut lulus dari audit keamanan Xiaomi.

Pure Mode ditujukan untuk menjawab permasalahan itu dengan menonaktifkan pemuatan sekunder atau sideloading pada APK secara default, serta instalasi aplikasi di latar belakang, tanpa sepengetahuan dan seizin pengguna.

Aplikasi beta untuk Pure Mode telah diproses di Tiongkok.

Paket pengujian juga telah mulai didistribusikan sejak tanggal 6 September, dengan kisaran 1.000 perangkat yang telah disetujui.

Kendati demikian, belum tersedia informasi terkait rencana Xiaomi untuk Pure Mode menjadi bagian dari MIUI 13 mendatang. (Android Authority/rdo/jpnn)


bersemaan pengembangan MIUI 13, Xiaomi juga dikabarkan akan menanamkan fitur yang jadi perhatian yakni Pure Mode berfungsi membantu memblokir aplikasi berbahaya atau tak resmi di hp Android