XL Perkuat Jaringan di Kalimantan

XL Perkuat Jaringan di Kalimantan
XL Perkuat Jaringan di Kalimantan
SURABAYA - Penambahan pelanggan menjadikan perusahan telekomunikasi terus melakukan ekspansi serta mempertahankan kualitas jaringan yang sudah ada. Memandang potensi pertumbuhan pengguna layanan seluler maupun internet di wilayah timur Indonesia, operator yang pada akhir 2010 memiliki 40,4 juta pelanggan tersebut melakukam moderenisasi jaringannya.

Mulai Februari 2011, XL melakukan modernisasi atas jaringannya di seluruh Kalimantan. Proses modernisasi berlangsung antara 11 Februari hingga 27 Maret 2011, yang meliputi seluruh provinsi dan kabupaten. Hingga saat ini jumlah BTS di Kalimantan lebih dari 1000 BTS (2G/3G) dan telah mencakup sebagian besar kabupaten yang ada. Jaringan XL juga didukung backbone serat optik, antarlain yang menghubungkan antara Samarinda-Banjarmasin.

"Volume trafik layanan XL di seluruh Kalimantan terus mengalami peningkatan yang signifikan. Pelanggan juga menuntut layanan yang berkualitas, mengingat semakin beragamnya jenis layanan seperti data dan internet," terang VP North Region XL, Nuruddin Al Fithroh. Menurutnya, tota pelanggan di Kalimantan per akhir 2010 sekitar 1,3 juta.

Modernisasi jaringan yang dilakukan antara lain mencakup Penggantian perangkat RBS (radio Base Station) dengan perangkat yang lebih unggul dalam hal teknologi, ukuran dan konsumsi daya. Apalagi perangkat yang ada saat ini sudah terpakai antara 4-5 tahun. "Selain itu, dalam proses ini, XL juga melakukan penambahan kapasitas jaringan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan ke depan," katanya.

SURABAYA - Penambahan pelanggan menjadikan perusahan telekomunikasi terus melakukan ekspansi serta mempertahankan kualitas jaringan yang sudah ada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News