Sabtu, 15 Desember 2018 – 09:05 WIB

Xylarium Bogoriense dan AIKO Hadir di COP24 Katowice

Kamis, 06 Desember 2018 – 08:00 WIB
Xylarium Bogoriense dan AIKO Hadir di COP24 Katowice - JPNN.COM

jpnn.com, POLANDIA - Xylarium Bogoriense dan Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI) tampil dalam talkshow yang digelar dalam Paviliun Indonesia di ajang Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP24) di Katowice, Polandia, 3 Desember 2018.

Talkshow tersebut menyedot banyak perhatian pengunjung COP24, yang secara khusus mengikuti sesi C12 yang bertema Xylarium Bogoriense 1915: Variation in Carbon Storage Among Wood Species.

Xylarium nomor satu dunia ini, merupakan salah satu kebanggaan BLI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selain sebagai rujukan utama dalam identifikasi kayu, Xylarium Bogoriense juga menyimpan banyak manfaat strategis, antara lain mendukung upaya mitigasi dan penyimpanan stok karbon.

"Terdapat kaitan yang sangat erat antara keragaman jenis kayu dan penyerapan karbon. Oleh karenanya, hal tersebut merupakan topik penting yang harus dikembangkan untuk mendukung aksi mitigasi perubahan iklim," ujar Kepala BLI, Agus Justianto saat membuka talkshow.

Menurut peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) Krisdianto, Xylarium Bogoriense memiliki manfaat strategis untuk perhitungan kandungan karbon dalam kayu dan produk kayu.

"Bahkan, Xylarium Bogoriense ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan faktor emisi Indonesia dan memprediksi pola perubahan iklim ke depan,” jelas Krisdianto.

Selain itu, dalam talkshow juga dipromosikan AIKO yang dikembangkan dengan menggunakan basis data Xylarium Bogoriense.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar