Yakin Dana Desa Pulihkan Perekonomian

Yakin Dana Desa Pulihkan Perekonomian
Marwan Jafar. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar optimistis, dana desa berperan strategis dalam pemulihan kondisi perekonominan nasional. Alasannya, karena dana desa yang sudah digelontorkan dapat langsung digunakan untuk membangun berbagai infrastruktur desa .

"Seperti jalan desa, irigasi, jalan usaha tani, sanitasi, embung, dan lainnya. Langkah ini besar sekali dampaknya terhadap pemulihan ekonomi desa yang tadinya ikut terkena imbas melambatnya‎ perekonomian nasional," ujar Marwan, Jumat (25/9).

Dampak positif dari proyek-proyek infrastruktur desa tersebut , kata Marwan, langsung dirasakan oleh masyarakat desa. Perekonomian desa langsung pulih dan bergerak cepat, karena berbagai aktivitas usaha ekonomi muncul dan berkembang.

"Selain menyerap langsung banyak warga desa yang bekerja di proyek-proyek infrastruktur desa, juga muncul berbagai kegiatan usaha ekonomi yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan proyek-proyek desa‎. Seperti usaha material, usaha kuliner, usaha pakaian, jasa transportasi, dan usaha lainnya yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan proyek dan para pekerjanya" ujar Marwan.

Menteri asal PKB ini tidak terlalu merisaukan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) beberapa waktu lalu yang melaporkan terjadinya peningkatan jumlah penduduk miskin di pedesaan sebanyak 570 ribu orang pada bulan Maret 2015 menjadi 17,94 juta orang dari sebelumnya 17,37 juta orang pada bulan September 2014.

Laporan ini mengisyaratkan terjadinya penurunan ekonomi di pedesaan yang berakibat meningkatnya kemiskinan.

"Data tersebut bulan Maret sebelum transfer dana desa dari Pusat ke daerah, jadi saya optimis saat ini kondisinya pasti berbeda. Karena dana desa sudah diterima desa dan digunakan untuk membangun infrastruktur desa yang menyerap banyak tenaga kerja, menciptakan banyak peluang usaha, menggerakkan aktifitas ekonomi, meningkatkan daya beli dan kesejahteraan masyarakat desa, ini artinya dana desa berdampak langsung terhadap pemulihan perekonomian desa" ujar Marwan.(gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar optimistis, dana desa berperan strategis dalam pemulihan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News