Yakin Indonesia Bisa Pasok Pangan bagi Dunia

Yakin Indonesia Bisa Pasok Pangan bagi Dunia
Yakin Indonesia Bisa Pasok Pangan bagi Dunia

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Isran Noor menyatakan, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai pemasok pangan tropis dunia pada tahun 2025 mendatang. Langkah yang bisa dilakukan, pemerintah harus menyelesaikan persoalan alih-fungsi lahan pertanian yang selama ini marak terjadi.

Menurut Isran, langkah untuk menjadikan Indonesia sebagai pemasok pangan topir itu sangat penting. Sebab, Indonesia pada hakekatnya merupakan negara dengan tingkat kebutuhan pangan terbesar ketiga di dunia.

“Selain itu saya kira egoisme sektoral juga perlu dikikis habis. Contohnya begini, Kalimantan Timur itu ingin mengembangkan lahan pertanian hingga satu juta hektar. Tapi terhalang aturan yang tidak membolehkan diubahnya hutan menjadi lahan pertanian. Nah tentu akibat hal ini, target 10 Juta hektar lahan pangan tidak akan tercapai,” ujar Isran dalam seminar nasional 'Menjadikan Indonesia sebagai Pemasok Pangan Tropis Dunia 2025, Guna Kemandirian Bangsa Dalam Rangka Ketahanan Nasional', di Gedung Lemhannas, Jakarta, Selasa (4/12).

Isran yakin jika kedua masalah ini dapat diselesaikan, maka Indonesia akan sangat berpeluang menjadi pemasok pangan tropis bagi dunia pada 2025. Apalagi pada tahun 1984 lalu, Indonesia terbukti pernah mencapai swasembada beras.


JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Isran Noor menyatakan, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News