Yakinkan HB X Dukung Penetapan

Pilgub Bahayakan Keutuhan Kerabat

Yakinkan HB X Dukung Penetapan
Yakinkan HB X Dukung Penetapan
JOGJAKARTA -  Di tengah kegelisahan kerabat Keraton Jogja terkait tidak tegasnya Sultan Hamengku Buwono X mendukung penetapan, suara berbeda disampaikan Ketua Gerakan Semesta Rakyat Jogjakarta (Gentaraja) Prof Dr Ir Sunjoto. Pria yang dikenal punya kedekatan dengan raja Keraton Jogja itu mengatakan masyarakat tidak perlu bingung menanggapi sikap HB X. Menurut Sunjoto, menyikapi RUUK DIJ, sebetulnya sikap HB X sudah sangat jelas.

"Beliau itu sikapnya tegas. Arahnya jelas mendukung penetapan," ucapnya.

Gentaraja adalah salah satu elemen masyarakat DIJ yang getol menyuarakan aspirasi penetapan. Ada puluhan organisasi yang tergabung dalam Gentaraja. Paguyuban lurah dan dukuh se DIJ termasuk yang menjadi pilar utama gerakan Gentaraja. Beberapa kali Gentaraja menggelar aksi turun ke jalan menuntut pusat merealisasikan penetapan.

Sunjoto yang pernah menjabat Assekprov Fasilitasi dan Investasi Pemprov DIJ itu menyakini ketegasan sikap HB X itu dapat dibaca dari pernyataanya soal ijab khobul antara DIJ dengan Pemerintah RI lewat Amanat 5 September 1945. Beberapa kali HB X berupaya mengingatkan pemerintah pusat tentang adanya ijab khobul tersebut.

Dari penyataan itu sangat terang, bila HB X bisa menerima aspirasi masyarakat yang tetap menginginkan pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur DIJ dengan cara penetapan. Sultan dan Paku Alam yang bertahta harus tetap menjabat sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah DIJ.

JOGJAKARTA -  Di tengah kegelisahan kerabat Keraton Jogja terkait tidak tegasnya Sultan Hamengku Buwono X mendukung penetapan, suara berbeda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News