Yakinkan Radiasi Tak Sampai Papua

Yakinkan Radiasi Tak Sampai Papua
Yakinkan Radiasi Tak Sampai Papua
JAYAPURA - Meluasnya pemberitaan mengenai dampak meledaknya reaktor nuklir di Jepang sudah berdampak kecemasan warga Papua.  Namun, warga diminta tak terlalu cemas. Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) wilayah V Papua, Sudaryono, berdasarkan pernyataan resmi di Jepang, radiasi nuklir itu hanya berdampak beberapa kilometer saja dari pusat reaktor.

"Namun yang pasti radiasinya tidak sampai di tanah Papua. Soal berapa jauh dampak radiasi itu ia belum bisa memperkirakanya karena sampai saat ini dalam penelitian pihak Jepang," ujar Sudartanto, seperti dikutip Cenderawasih Pos (Grup JPNN).

Dijelaskan, biasanya radiasi itu dibawa oleh awan dan angin. "Tapi jika dilihat dari kondisi pola angin sekarang ini dan ke depannya, arah angin ke wilayah tanah Papua sangat kecil sekali," katanya. Masyarakat dihimbau untuk tidak perlu khawatir dengan isu yang beredar itu.

"Ya mudah-mudahan penelitian dan informasi yang terbaru dari Jepang dapat diketahui secara cepat. Tapi yang jelas jangkauan radiasi itu tidak luas," ujarnya mencoba menenangkan.

JAYAPURA - Meluasnya pemberitaan mengenai dampak meledaknya reaktor nuklir di Jepang sudah berdampak kecemasan warga Papua.  Namun, warga diminta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News