Yakinlah, Jokowi Bermaksud Baik soal G 30 S/PKI Versi Baru

Yakinlah, Jokowi Bermaksud Baik soal G 30 S/PKI Versi Baru
Menkopolhukam Wiranto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto meminta media dan masyarakat berhati-hati dalam memahami ide Presiden Joko Widodo tentang perlunya membuat film sejarah seperti G 30 S/PKI yang lebih bisa diterima generasi milenial. Sebab, Wiranto tak ingin maksud baik presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu dipelintir

"Jadi, presiden maksudnya baik bahwa film-film semacam itu tidak hanya PKI. Film-film dokumentasi masa lalu, biar lebih enak, lebih dicerna oleh penonton masa kini, itu disesuaikan dengan cara penyajiannya. Bukan diubah kontennya," ucap Wiranto usai bertemu Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (22/9).

Harapannya, film sejarah dengan penyajian yang berbeda bisa lebih menarik dan mudah dipahami masyarakat. Karena itu dia meminta masyarakat berhati-hati dan tidak memelintir pernyataan presiden.

"Dipelintir seakan-akan presiden setuju untuk perubahan-perubahan konten dari film itu. Kan begitu. Ini jangan sampai disalahtafsirkan menjadi hoaks, menjadi satu viral yang tidak menguntungkan, mengeruhkan kondisi sekarang ini," tegas mantan Panglima ABRI itu.

Lagi pula, kata Wiranto, pernyataan itu bukan intruksi melainkan pendapat pribadi presiden. Namun,  sekarang dia melihat banyak tuduhan macam-macam ditujukan kepada Kepala Negara.

"Pro dan kontra, saya jernihkan sekarang. Presiden itu sebatas untuk supaya sejarah itu dapat diketahui publik dengan cara yang mudah. Karena publik sekarang sudah berbeda dari publik yang lalu. Oleh karena itu ada satu pembaharuan di penyajiannya yang lebih enak dalam masyarakat yang milenial sekarang," jelas dia.(fat/jpnn)


Menkopolhukam Wiranto merasa perlu memberi penjelasan tentang pernyataan Presiden Jokowi terkait film G 30 S PKI untuk generasi milenial.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News