Yakinlah, Pemberantasan Pungli Bukan demi Pencitraan Jokowi

Yakinlah, Pemberantasan Pungli Bukan demi Pencitraan Jokowi
Menkopolhukam Wiranto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menggalakkan Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) di sektor layanan publik. Untuk menyikat praktik praktik ilegal itu, Jokowi telah menunjuk Menkopolhukam Wiranto sebagai ketua satuan tugas (satgas) anti-pungli.

Hanya saja, suara miring muncul. Banyak pihak menganggap Jokowi hanya sibuk dengan pencitraan karena mengurusi pungli yang kelas remeh-temeh.

Namun, Wiranto memastikan Satgas Antipungli yang dipimpinnya bukan untuk pencitraan pemerintah. Menurut dia, pemberantasan pungli justru sebagai upaya serius pemerintah mengatasi beragam persoalan yang menyentuh kepentingan masyarakat secara langsung.

"Bukan kebijakan yang penuh pencitraan, bukan. Tapi, kebijakan yang aplikatif, konsisten, berkelanjutan," tegasnya usai menghadiri ulang tahun Fraksi Hanura di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10).

Lebih lanjut mantan Panglima TNI itu mengatakan, salah satu fokus pada pemerintahan Jokowi adalah mereformasi hukum. Namun, implementasinya memang dilakukan bertahap lantaran banyak permasalan yang tidak bisa diselesaikan secara serentak.

Karenanya, tahap pertama yang langsung berkenaan dengan kepentingan rakyat adalah memberantas pungli. Sebab, hal itu bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Wiranto  menegaskan bahwa pemerintah juga akan memberantas penyelundupan. Jika dibiarkan, penyelundupan akan menganggu roda ekonomi nasional.

Menurut Wiranto, maraknya barang selundupan akan mengganggu barang-barang produksi nasional. Ujungnya adalah mematikan perusahaan-perusahaan dalam negeri.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menggalakkan Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) di sektor layanan publik. Untuk menyikat praktik praktik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News