Yang Lolos SKD CPNS 2018 Kurang 7 Persen

Yang Lolos SKD CPNS 2018 Kurang 7 Persen
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Banyuwangi/JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Seleksi kompetensi dasar (SKD) pelamar CPNS 2018 di lingkungan Pemkab Banyuwangi, Jatim, resmi dimulai Kamis (1/11). Hingga sesi kelima berakhir sore hari, kurang dari tujuh persen peserta yang berhasil memenuhi nilai ambang batas minimal.

Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, para calon peserta ujian berbondong-bondong datang ke kantor Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) sejak sekitar pukul 06.30. Begitu datang, peserta langsung melakukan registrasi dengan menunjukkan kartu peserta ujian dan kartu tanda penduduk (KTP) untuk mendapatkan nomor ujian.

Selanjutnya, seluruh peserta yang hendak masuk ruang ujian harus melalui pemeriksaan yang dilakukan petugas BKD Banyuwangi dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banyuwangi. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan peserta tidak membawa alat komunikasi saat berada di ruang ujian.

Selain itu, sejumlah personel Polres Banyuwangi juga diterjunkan ke kantor BKD. Hanya saja, para personel kepolisian itu melakukan pengamanan tertutup alias mengenakan pakaian preman. Bukan itu saja, pelaksanaan SKD CPNS di lingkungan Pemkab Banyuwangi ini juga dipantau dan diawasi langsung tim asal Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Surabaya.

Sementara itu, untuk menjamin seleksi berlangsung secara fair, BKD menyediakan empat unit layar monitor yang menampilkan skor masing-masing peserta secara real time. Skor yang ditayangkan di layar monitor tersebut terus bergerak hingga peserta selesai mengerjakan soal.

Bahkan, setelah seluruh peserta selesai mengerjakan soal SKD, nilai masing-masing peserta langsung dipampang di papan pengumuman yang tersedia.

Hasilnya, sesi lima atau sesi terakhir ujian hari pertama berakhir, jumlah peserta yang mengikuti SKD mencapai 285 orang. Di antara jumlah peserta ujian, tercatat hanya 19 orang yang memenuhi ketentuan ambang batas minimal. Artinya, hanya 6,67 persen peserta SKD yang memenuhi passing grade.

Seperti diketahui, pada tahap SKD peserta dihadapkan 100 soal dengan tiga kategori, yakni tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 di Banyuwangi tidak sampai 7 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News