Yang Perlu Anda Ketahui seputar Bimbel Online Rumah Belajar

Yang Perlu Anda Ketahui seputar Bimbel Online Rumah Belajar
Bimbel Online menjadi tren belakangan ini. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bimbingan belajar alias bimbel online menjadi gaya baru di kalangan pelajar pada era serba digital saat ini. Belajar tidak lagi harus bertatap muka langsung dengan pengajar atau tutor. Hanya cukup menggunakan gadget, semua materi, soal-soal pelajaran, dan pembahasannya lengkap tersedia.

Tak ayal, banyak perusahaan start up melirik bisnis tersebut. Mereka pun berlomba-lomba menghadirkan aplikasi maupun situs bimbingan belajar online dengan konten yang menarik. Promosi dan peluncuran bimbel online juga digeber secara besar-besaran demi menarik minat para pelajar.

Mulai dari menggandeng sekolah swasta ternama hingga memasang iklan di televisi, dan youtube. Konten pembelajaran dibuat paket-paket gratis maupun berbayar. Tak ayal, banyak pelajar yang kemudian beralih memilih berlangganan berbayar lantaran ingin mendapat konten yang lebih lengkap.

Di tengah ingar-bingar bimbel online berbayar tersebut, nyatanya, pemerintah juga memiliki layanan bimbel online bernama "Rumah Belajar". Gratis pula.

Sayang, bimbel online yang digarap Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) itu kurang populer di kalangan masyarakat.

"Memang, dari sisi promosi memang kurang dibandingkan bimbel online swasta yang gaungnya lebih besar. Karena, tujuan mereka komersil, sedangkan, produk pemerintah ini hanya layanan publik," ucap Kepala Pustekkom Kemendikbud Gogot Suharwoto saat dihubungi Jawa Pos.

Rumah Belajar merupakan portal belajar online yang menyediakan bahan belajar, fasilitas komunikasi serta interaksi antar siswa dan guru, maupun antar komunitas belajar. Dengan slogan belajar untuk semua, Rumah Belajar tidak hanya untuk siswa. Melainkan, guru, tenaga kependidikan, maupun masyarakat umum.

Rumah Belajar memungkinkan siswa dan guru berinteraksi dan melakukan proses pembelajaran secara virtual tanpa terbatas waktu dan lokasi. Guru bisa membuka kelas maya dan siswa bisa mendaftar untuk memilih belajar dengan guru mata pelajaran tertentu.

Bimbel online Rumah Belajar digarap Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan alias Pustekkom Kemendikbud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News