Yenny Wahid Batasi Tiga Buah Hatinya saat Bermain Gawai

Yenny Wahid Batasi Tiga Buah Hatinya saat Bermain Gawai
Yenny Wahid di Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Kamis (16/2). Foto: Rieska Virdhani/JawaPos.Com

jpnn.com - jpnn.com - Aktivis perempuan Yenny Wahid memilih bersikap protektif terhadap tiga anaknya dari pengaruh gadget. Caranya adalah dengan membatasi tiga buah hatinya saat bermain gawai elektronik itu.

Yenny mengatakan, dirinya memang tidak melarang anak-anaknya bermain gadget. Namun, harus ada batas waktu agar tiga buah hatinya yang masing-masing berusia enam, empat dan dua tahun tidak kecanduan gadget.

“Anak-anak saya dibatasi, kalau kami di rumah pakai timer. Cuma sepuluh menit main pakai gadget, kalau alarmnya sudah bunyi harus ditaruh apapun yang terjadi,” kata Yenny di Kampus Universitas Indonesia (UI), Kamis (16/2).

Direktur The Wahid Foundation itu menuturkan, ketiga anaknya memang gemar bermain games atau melihat film kartun di YouTube. Namun, Yenny tetap harus turun tangan mencarikan tontonan anak-anaknya di YouTube.

“Mereka lebih suka games, nonton kartun. YouTube kadang tetapi kan harus dicarikan, belum bisa mencari,” ungkap putri mendiang KH Abdurrahman Wahid itu.

Apakah anak-anak Yenny tidak menangis atau keberatan saat dibatasi dari gawai? Pemilik nama lahir Zannuba Ariffah Chafsoh itu menegaskan, kuncinya adalah menanamkan disiplin pada anak.

Menurutnya, anak harus diajari untuk mematuhi aturan.  Caranya adalah berkomunikasi yang tepat kepada anak.

“Tapi aturan itu dikomunikasikan bersama dengan cara anak-anak. Mereka sudah tahu konsekuensinya jadi harus tegas,” kata Yenny.(cr1/JPG)


Aktivis perempuan Yenny Wahid memilih bersikap protektif terhadap tiga anaknya dari pengaruh gadget. Caranya adalah dengan membatasi tiga buah hatinya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News