JPNN.com

Yenny Wahid Susul Daftarkan Partai Baru

Sabtu, 30 April 2011 – 05:50 WIB
Yenny Wahid Susul Daftarkan Partai Baru - JPNN.com
Yenny Wahid Susul Daftarkan Partai Baru
JAKARTA - Partai politik baru calon peserta Pemilu 2014 resmi bertambah lagi. Partai yang dikomandani Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid), kemarin, resmi mendaftar ke kementrian hukum dan HAM, terkait syarat memiliki badan hukum sesuai ketentuan UU Partai Politik.

   

Nama yang didaftarkan adalah Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia. "Ini adalah bagian dari ikhtiar menyelamatkan konstituen Gus Dur yang tidak terwadahi pada Pemilu 2009 lalu," ujar Sekjen Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Imron Rosyadi Hamid, usai mendaftar di Kemenkum HAM, Jumat (29/4).

   

Meski tidak menyebut secara langsung, namun pernyataan itu jelas menunjuk pada konflik panjang di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sejak 2008. Yang buahnya, saat Pemilu 2009, partai yang dideklarasikan Gus Dur bersama sejumlah kiai itu terpuruk perolehan suaranya. Dari 11,5 persen suara nasional pada Pemilu 2004, turun menjadi hanya 4,9 persen pada 2009.

"Kami banyak mendapat dorongan dari orang-orang yang tidak punya pilihan untuk pindah partai, tapi takut dosa dengan Gus Dur kalau bertahan dengan yang lama," papar Imron, kembali.         

   

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara