YH Bikin Malu Institusi Negara, Korbannya Puluhan Orang, Jangan Ditiru

YH Bikin Malu Institusi Negara, Korbannya Puluhan Orang, Jangan Ditiru
YH saat diamankan di Polres Kapuas. Foto: antara

jpnn.com, KAPUAS - Seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah digarap polisi setempat. Tidak tanggung-tanggung ada 27 orang jadi korbannya.

Tersangka yang berinisial YH (44) ini diduga melakukan penipuan dengan modus menjanjikan pengangkatan tenaga honorer di instansi pemerintahan.

“Pelaku berinisial YH (44) ini, melakukan penipuan kepada korban dengan menjanjikan akan diangkat menjadi tenaga honorer di Pemkab Kapuas,” kata Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti di Kuala Kapuas, Selasa.

Hasil penelusuran penyidik, warga yang diduga menjadi korban penipuan tersebut sebanyak 27 orang.

Mereka rata-rata menyetorkan uang Rp4 juta per orang dan bahkan ada yang dua kali menyetorkan kepada pelaku.

“Pelaku ini menjanjikan bahwa korban bisa bekerja di pemerintahan sebagai tenaga honorer, karena akan diberikan SPK (Surat Perintah Kerja) yang ditandatangani oleh Plt Sekda Kapuas,” katanya lagi.

Manang mengungkapkan, surat perintah kerja yang akan diberikan kepada korban adalah palsu yang dibuat sendiri oleh pelaku YH itu dengan modus agar para calon korbannya percaya.

Setelah dimintai uang dan dijanjikan bekerja, ternyata janji itu tidak terbukti.

YH (44) benar-benar bikin malu institusi negara, pasalnya diduga telah melakukan perbuatan terlarang bahkan korbannya sudah puluhan orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News