Yingluck Janjikan Kabinet yang Lebih Terbuka

Yingluck Janjikan Kabinet yang Lebih Terbuka
Ketua PTP Yingluck Shinawatra berbicara kepada pers di kantornya, Selasa (5/7). FOTO: SOFYAN HENDRA/JAWA POS
BANGKOK - Struktur kabinet yang bakal dibentuk Puea Thai Party (PTP), menjadi isu politik paling hangat memasuki hari ketiga setelah partai itu mendeklarasikan kemenangannya. Setelah merangkul empat partai peraih suara minoritas lain untuk memperkokoh kabinet, PTP diperkirakan juga tidak akan melepas posisi tiga kementrian utama, yakni kementrian luar negeri, kementrian pertahanan, dan kementrian dalam negeri.

Tiga pos penting di kabinet itu merupakan kunci penting untuk memuluskan amnesti bagi bekas Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, yang juga kakak kandung kandidat perdana menteri PTP, Yingluck Shinawatra. Namun, master ilmu politik dari Kentucky State University, AS, itu masih belum mau berkomentar banyak mengenai susunan kabinet yang bakal ia pimpin.

"Terlalu dini untuk memutuskan susunan kabinet," kata Yingluck ketika dicegat para wartawan sebelum memasuki kantor PTP di Bangkok, kemarin. Kemarin, Yingluck sudah masuk kantor pukul 10.00. Datang ke kantor dengan limusin hitam, Yingluck kemarin dijadwalkan memulai rapat dengan komite partai serta koalisi untuk persiapan membentuk pemerintahan. Tak ada pengawalan yang mencolok terhadap Ibu satu anak itu.

Yingluck mengatakan, anggota kabinet juga masih mungkin direkrut dari orang di luar partai. "Siapapun bisa masuk ke kabinet. Tapi kesepakatan tentang susunan kementrian tidak akan dibicarakan sebelum komite pemilihan mengumumkan hasil resmi," kata Yingluck. Dia juga memprediksi tidak akan ada clash politik pasca pemilu.

BANGKOK - Struktur kabinet yang bakal dibentuk Puea Thai Party (PTP), menjadi isu politik paling hangat memasuki hari ketiga setelah partai itu mendeklarasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News