Yuk Kenalan dengan Maskot FIBA World Cup 2023, Begini Filosofinya

Yuk Kenalan dengan Maskot FIBA World Cup 2023, Begini Filosofinya
Ilustrasi foto maskot FIBA World Cup 2023. Foto: FIBA

jpnn.com, JAKARTA - Maskot FIBA World Cup 2023 secara resmi diluncurkan dengan nama JIP yang diambil dari singkatan tiga tuan rumah penyelenggaraanm, yakni Jepang, Indonesia, dan Filipina.

Nama JIP diambil berdasarkan hasil voting yang dilakukan di media sosial. 

Direktur Eksekutif FIBA World Cup 2023, David Crocker mengaku JIP sangat sesuai dengan visi desainernya ketika merancang robot basket tersebut, yakni menyatukan orang-orang dan mewakili mereka semua.

“Nama JIP sangat cocok untuk maskot yang dirancang dengan indah ini karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah,” ungkap David Crocker.

Kisah JIP dimulai ketika tiga fan bertemu secara online setelah mengetahui FIBA World Cup akan datang ke negara asal mereka.

Caloy dari Filipina, Kota dari Jepang, dan Dewi dari Indonesia akhirnya bertemu untuk membuat robot bola basket. 

JIP terinspirasi untuk membangun lebih banyak persahabatan dan belajar tentang budaya serta kualitas dari negara tuan rumah.

Misi JIP adalah menyatukan penggemar melalui FIBA World Cup 2023 di tiga negara tuan rumah dan di seluruh dunia melalui kekuatan basket.

Maskot World Cup diprogram untuk menyenangkan, ramah, dan sporty. Dia memiliki keterampilan dribbling yang hebat dan juga punya lompatan tinggi sehingga bisa melakukan dunk supersonik. 

JIP akan mempromosikan Piala Dunia Basket 2023 secara global dan berbagi kecintaannya dengan basket kepada sebanyak mungkin orang.

Ketiga desainer juga merancang maskot untuk mendorong penggemar memikirkan lingkungan dan mendidik generasi muda tentang daur ulang melalui ring basket yang terdapat di bagian belakang badannya. 

Pada sepatu listriknya dijalankan dengan energi yang dikonversi dari limbah daur ulang. 

Warna maskot mewakili masing-masing tiga bendera negara tuan rumah dan wajah LED-nya memungkinkannya berkomunikasi dengan jutaan orang dalam berbagai bahasa serta membuat banyak ekspresi menyenangkan.

Anak-anak dan keluarga di Indonesia dapat datang ke Sarinah Mall di Jakarta pada 30 Juli mulai pukul 15.00 sampai jam 17.00 sore WIB untuk bisa melihat langsung maskot FIBA World Cup 2023. 

Nantinya, akan ada meet and greet, games anak-anak dan keluarga, serta juga kesempatan untuk menantang maskot tersebut.

“Kami sangat senang memiliki JIP sebagai maskot FIBA World Cup 2023. JIP mewakili semua yang ingin diperkuat oleh turnamen ini, termasuk hubungan yang kuat antartiga negara tuan rumah.” 

“Paling penting, maskot yang menarik bagi anak-anak, yang kami harapkan bisa menularkan cinta terhadap basket kepada generasi penerus," kata Ketua Komite Manajemen Bersama Indonesia, Cahyadi Wanda.

Setelah dipamerkan di Jakarta, JIP akan melancong ke Jepang dan Filipina untuk memperkenalkan event FIBA World Cup 2023.(mcr16/jpnn)

Maskot FIBA World Cup 2023 secara resmi diluncurkan serta akan dipamerkan di Jakarta, Manila dan Okinawa


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News