Yuk, Mengintip Menu Buka Puasa Favorit Pak Habibie

Yuk, Mengintip Menu Buka Puasa Favorit Pak Habibie
Presiden ke-3 RI BJ Habibie (tengah) saat berbuka bersama Jawa Pos di kediamannya kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Minggu (19/6). FOTO: JAWA POS

jpnn.com - JAKARTA – Presiden ke-3 RI BJ Habibie begitu banyak menghabiskan waktunya lebih lama di Jerman. Tapi, jangan salah. Soal lidah, Habibie tetap sangat Indonesia. Menurut keponakannya, Budhiarto Sulaiman, yang tinggal lama dengan keluarga Habibie di Jerman, hidangan nusantara selalu jadi menu makanan mereka sehari-hari.

Kebiasaan menyantap hidangan nusantara juga terus terbawa sampai sekarang. 

Jawa Pos (Induk JPNN) pun berkesempatan berbuka puasa dengan Habibie di kediamannya kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Minggu (19/6). Dan apa yang dikatan Budhiarto benar. Semua sajian buka puasa adalah makanan khas Indonesia. 

Salah satu menu yang menjadi favorit Habibie adalah palumara.  

”Ngomong boleh Jerman. Tapi, soal makanan tetap kita makan masakan Indonesia. Tante Ainun yang masak,” ungkap Budhiarto saat ditemui Jawa Pos di kediaman Habibie Minggu (19/6).

Menurutnya, resep-resep peninggalan Asri Ainun Besari telah lama dijadikan panduan untuk memasak berbagai hidangan. 

Palumara yang merupakan sup ikan bercita rasa segar khas Bugis itu menjadi salah satu hidangan buka puasa di kediaman Habibie. ”Ini (palumara) salah satu masakan favorit saya. Enak sekali,” jelas Habibie.

Dia menjelaskan, palumara yang tersaji itu hanya bisa ditemukan di rumahnya. Tidak ada tempat lain yang menyajikan palumara dengan cita rasa yang sama seperti yang disajikan di rumahnya. 

JAKARTA – Presiden ke-3 RI BJ Habibie begitu banyak menghabiskan waktunya lebih lama di Jerman. Tapi, jangan salah. Soal lidah, Habibie tetap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News