Yuri: Pemerintah Tidak Mendapatkan Keuntungan Kalau Memanipulasi Data

Yuri: Pemerintah Tidak Mendapatkan Keuntungan Kalau Memanipulasi Data
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebutkan, pihaknya tidak menutup-nutupi data pasien positif corona. Toh, kata dia, pemerintah tidak memiliki keuntungan dengan memanipulasi data pasien positif COVID-19.

"Pemerintah tidak mendapatkan keuntungan apa pun dengan memanipulasi data, pemerintah tidak berkepentingan apa pun dengan manipulasi data," kata Yuri dalam keterangan resminya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis (23/4).

Menurut Yuri, tindakan memanipulasi data justru berbalik negatif ke pemerintah. Kerja keras tim medis di lapangan menjadi sia-sia ketika data pasien COVID-19 dimanipulasi.

"Justru akan merugikan, mengacaukan kerja keras," kata dia.

Lebih lanjut, Yuri pun menyinggung tentang arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Satu di antaranya, Jokowi meminta transparansi atau keterbukaan data.

"Jadi, pemahaman perlu dibangun agar transparansi data terwujud," ujar Yurianto.

Pemerintah, kata Yuri, selalu disiplin informasi sebelum menyajikan data ke publik. Misalnya, data yang disajikan ialah bentuk koordinasi berjenjang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional.

"Data dibangun berjenjang dan terstruktur sejak tingkat desa, rumah sakit, dinas kesehatan kabupaten kota yang bagian dalam gugus tugas," ungkap dia. (mg10/jpnn)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebutkan, pihaknya tidak menutup-nutupi data pasien positif corona.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News