JPNN.com

Yusak Yaluwo, Bupati yang Menang Pilkada saat Dipenjara

Rabu, 27 Oktober 2010 – 07:27 WIB
Yusak Yaluwo, Bupati yang Menang Pilkada saat Dipenjara - JPNN.com
Yusak Yaluwo dan Esther Yaluwo Lambey di Rutan LP Cipinang. Foto : Naufal Widi Asmoro/Jawa Pos
Penjara tak merampas seluruh kemerdekaan Yusak Yaluwo. Dari balik jeruji Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, dia memenangi kontes pemilihan kepala daerah (pilkada) Boven Digoel, Papua. Cukup bersejarah.

 

==========================
NAUFAL WIDI ASMORO, Jakarta
==========================

KABAR gembira yang sampai di telinga Yusak Yaluwo pada 31 Agustus 2010 itu memang menempuh jarak yang begitu panjang. Berita kemenangan tersebut terbang dari Boven Digoel, kabupaten paling timur yang bersebelahan dengan Papua Nugini yang dulu kerap dijadikan pembuangan tokoh-tokoh pergerakan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Terpisah ribuan kilometer dari ibu kota, berita gembira itu masih harus menembus ketatnya jeruji besi Rutan Kelas I Khusus Tipikor di kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang.

Bagaimanapun, warta kesuksesan Yusak sebagai bupati Boven Digoel memang sampai pula di kupingnya. Yusak, incumbent yang berpasangan dengan Yesaya Merasi, dinyatakan menang satu putaran. Dia menang telak. Total, rakyat Boven Digoel yang menginginkannya kembali memimpin kabupaten tersebut mencapai 43 persen di antara seluruh pemilih. "Rasanya nano-nano (campur-campur, Red)," kata Esther Yaluwo Lambey, istri Yusak, saat ditemui Jawa Pos di Rutan Cipinang pekan lalu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara