Yusril: Lawan dong di Pengadilan!

Yusril: Lawan dong di Pengadilan!
Yusril Ihza Mahendra. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menyarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa persoalan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket ke pengadilan, jika merasa pembentukannya tidak sah.

"Lawan dong di pengadilan, bukan dengan cara menggalang opini dengan menciptakan berbagai stigma kepada mereka yang mengatakan pansus itu sah. Itu maksud saya KPK jangan bermain politik, tapi lawan dengan hukum secara gentlemen," ujar Yusril di Jakarta, Selasa (11/7).

Menurut Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) ini, jika KPK mengambil langkah hukum maka akan menjadi contoh bernegara yang benar.

"Jadi memberikan pendidikan politik kepada rakyat agar menjadikan hukum sebagai mekanisme penyelesaian konflik secara adil, argumentatif, adil dan bermartabat," ucapnya.

Yusril kemudian mencontohkan pengalaman saat mengurus pengunduran diri Soeharto dari jabatan presiden dan pengambilan sumpah BJ Habibie sebagai Presiden RI ke-3.

Ketika itu menurutnya, puluhan guru besar dari berbagai perguruan tinggi 'menyerang' dirinya lewat media massa. Mereka mengatakan proses tersebut tidak sah.

"Tapi ketika saya tantang debat di kampus tak ada yang berani. Akhirnya saya katakan yang bilang tidak sah silakan bawa ke pengadilan," kata Yusril.

Tak berselang lama, seratus advokat mengatasnamakan pengacara reformasi menggugat masalah keabsahan pengunduran diri Soeharto dan pengambilan sumpah BJ Habibie ke PN Jakarta Pusat.

Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menyarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa persoalan pembentukan Panitia Khusus (Pansus)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News