Yusril Ziarah ke Makam Para Pendiri Pesantren Langitan

Yusril Ziarah ke Makam Para Pendiri Pesantren Langitan
Yusril Ihza Mahendra berziarah ke makam Kiai Abdullah Faqih dan para pendiri pondok Pesantren Langitan, didampingi pengasuh Ponpes Langitan Kiai Ubaidillah Faqih, Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki. Foto: PBB.

jpnn.com - SURABAYA - Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra beriziarah ke makam Kiai Abdullah Faqih dan para leluhur pendiri Pondok Langitan di Babat, Jawa Timur, Minggu (10/9) malam.

Yusril didampingi pengasuh Ponpes Langitan Kiai Ubaidillah Faqih, Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki.

Kiai Ubaidillah menceritakan sejarah Ponpes Langitan sejak berdiri sekitar tahun 1850 sampai sekarang.

Kiai Ubeid adalah generasi ke tujuh yang memimpin pondok pesantren yang secara turun-temurun dipimpin oleh para kiai kharismatik tersebut.

Yusril mengenal pondok pesantren itu dari Almarhum Kiai Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Yusril mengatakan beberapa kali bertemu dengan Almarhum Kiai Abdullah Faqih karena diajak Gus Dur yang sangat menghormati para kiai Langitan.

Gus Dur dan Yusril cukup lama bersahabat dan makin dekat saat Gus Dur menjabat presiden, sementara Yusril di era tersebut berperan sebagai Menteri Kehakiman dan HAM.

"Bahkan, tidak jarang Gus Dur belum berani ambil keputusan penting sebelum mendengar pandangan Kiai Langitan," ujar Yusril.

Yusril Ihza Mahendra berziarah ke makam Kiai Abdullah Faqih dan para pendiri pondok Pesantren Langitan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News