Yusuf Abdulah Nurdin Sukses Berbisnis di Usia Muda, Ini Resepnya

Yusuf Abdulah Nurdin Sukses Berbisnis di Usia Muda, Ini Resepnya
YUSUF Abdulah Nurdin. BCA for jpnn.com

jpnn.com - YUSUF Abdulah Nurdin mendapatkan kepercayaan untuk meneruskan tongkat estafet bisnis orang tuanya. Sejak tahun 2007 silam, dia pun akhirnya melanjutkan bisnis sang ayah, PT Harumanis Logistik (yang dulu bernama CV Harumanis), CV Afiah, serta berbagai bidang bisnis lain seperti SPBU dan minimarket.

"Bermula karena bapak saya mengalami musibah, sakit kanker paru-paru, beliau harus dirawat di China. Sebulan di sini, sebulan di sana, bolak balik terus," kenangnya.

Kondisi tersebut berlangsung selama dua tahun. Dua tahun kemudian sang bapak meninggal dunia. Setelah itu, Yusuf resmi memegang bisnis orang tuanya ditemani oleh sang ibu. "Tapi tahun 2013 juga ibu juga enggak ada (meninggal, red)," sambungnya.

Sebagai anak yang diberikan amanah, Yusuf harus terbiasa mandiri dengan pekerjaan ini. Dari tiga bersaudara, Yusuf sebagai anak paling kecil justru dipercaya oleh orang tua meneruskan bisnis ini.

"Kakak pertama saya berkarier karena pendidikannya lumayan tinggi, anak yang kedua menjadi ibu rumah tangga, sementara saya pendidikannya cuma D3 Marketing," ujarnya.

Berbekal ilmu marketing yang ia pelajari sewaktu kuliah, Yusuf mau tidak mau melanjutkan perjuangan kedua orang tuanya yang susah payah merintis bisnis ini. CV Harumanis yang dulu dirintis sang ayah sejak tahun 1986 bermula di Ciamis dengan bisnis angkutan barang.

"Enggak lama pindah ke Cirebon tahun 1987. Karena banyak pesanan di sini, jadi pindah ke sini. Apalagi ada fasilitas penunjang seperti pelabuhan, tol, dan aksesnya dekat kemana-mana," bebernya.

Ketika dipercaya memegang bisnis ini, awalnya Yusuf merasa ini beban. Seiring berjalan, beban amanah yang diberikan tidak ingin ia sia-siakan. Ada target harus maju dan sukses dengan modal yang diberikan orang tua. "Harus berkembang lebih baik," imbuhnya.

YUSUF Abdulah Nurdin mendapatkan kepercayaan untuk meneruskan tongkat estafet bisnis orang tuanya. Sejak tahun 2007 silam, dia pun akhirnya melanjutkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News