Zaman Susah, Pakistan Lelang Ratusan Mobil Bekas PM

Zaman Susah, Pakistan Lelang Ratusan Mobil Bekas PM
Ratusan mobil mewah bekas perdana menteri Pakistan dilelang untuk menambah kas negara. Foto: Reuters

jpnn.com, ISLAMABAD - Perdana Menteri (PM) Imran Khan mengajak Pakistan mengencangkan ikat pinggang. Langkah pertamanya sebagai pemimpin anyar adalah melelang mobil milik para pendahulunya.

Total, 101 mobil ditawarkan dalam acara lelang pada Senin (17/9). Sebanyak 61 mobil di antaranya laku.

''Pemerintah menyatakan bahwa kas negara kosong saat ini. Jadi, ambillah sedikit dari (uang) saya,'' ujar Nawab Gul, salah seorang peserta lelang, sebagaimana dikutip Reuters.

Hari itu dia membeli Toyota Corolla Altis keluaran 2005 seharga 1,25 juta rupee atau sekitar Rp 148 juta.

Senin itu sekitar 500 peserta lelang memadati halaman rumah dinas Khan di Islamabad. Sebagian besar adalah kalangan pengusaha, filantropis, dan maniak otomotif.

''Bos saya bilang harus dapat mobil yang pernah dipakai PM. Mahal bukan masalah,'' kata seorang peserta lelang pertama itu. Rencananya, akan ada lelang-lelang berikutnya.

Sampai lelang berakhir, tersisa 40 mobil di pelataran rumah dinas Khan. Termasuk dua unit Mercedes-Maybach S600 yang bodinya tidak mempan ditembus peluru. ''Yang tidak laku akan kami evaluasi harganya,'' tutur Mohammad Asif, pejabat kantor PM Pakistan.

Total dana yang diperoleh dalam lelang tersebut mencapai 200 juta rupee atau sekitar Rp 23 miliar. Atau baru 10 persen dari target lelang pemerintah. ''Jauh dari target. Tapi, yang kami dapat juga bukan receh,'' ungkap Menteri Penerangan Fawad Chaudhry. (bil/c14/hep)


Berita Selanjutnya:
Si Playboy Itu Bisa Jadi PM

Perdana Menteri (PM) Imran Khan mengajak Pakistan mengencangkan ikat pinggang. Langkah pertamanya sebagai pemimpin anyar adalah melelang mobil para pendahulunya


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News