Ziarah ke Makam Bung Karno, Paloh Ditemani Rachmawati

Ziarah ke Makam Bung Karno, Paloh Ditemani Rachmawati
Ziarah ke Makam Bung Karno, Paloh Ditemani Rachmawati

jpnn.com - JAKARTA - Usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Kepunden, Blitar, Jawa Timur (Jatim), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan ziarah ke makam Presiden RI pertama Soekarno. Makam Bung Karno berjarak sekitar 5 kilometer dari Lapangan Kepunden yang menjadi lokasi upacara.

Tepatnya, terletak di Kelurahan Bendogerit, Sananwetan, Blitar. Saat berziarah, Paloh didampingi putri Bung Karno, Rachmawati Soekarno Putri, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem.

Turut hadir Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Nono Sampono, Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Jawa Timur Hasan Aminudin, serta Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur Laksamana (Purn) Tejo Edi Purdianto.

Surya Paloh menyampaikan doa di depan makam Bung Karno. Ia pun berjanji untuk mengembalikan jati diri bangsa seperti yang digariskan oleh tokoh proklamator tersebut.

"Di makam Proklamator ini, saya ingin mengajak kita semua untuk bangkit kembali. Karena jati diri bangsa tidak bisa didapat dengan mencontoh dari bangsa lain," kata Paloh melalui siaran pers, Minggu (10/11).

Paloh menegaskan, bangsa ini harus kembali memiliki identitas diri dengan memperkuat kembali ideologi dan sistem ketatanegaraan. Hal ini, sambungnya, harus dimulai dari pola pikir masyarakat.

Usai berziarah, Paloh beserta rombongan mengunjungi Museum Bung Karno. Museum tersebut berada di depan areal makam Bung Karno. (dil/jpnn)


JAKARTA - Usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Kepunden, Blitar, Jawa Timur (Jatim), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News