Ziarah ke Makam Leluhur, Airlangga Hartarto Dinilai Lestarikan Tradisi

Ziarah ke Makam Leluhur, Airlangga Hartarto Dinilai Lestarikan Tradisi
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berziarah ke Komplek Pemakaman Astana Oetara Surakarta, Jumat (18/6/2021). Foto: ANTARA/HO-Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Ziarah kubur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke Pemakaman Astana Oetara, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), pada pekan lalu (18/6), menuai banyak respons positif masyarakat.

Astana Oetara merupakan kompleks pemakaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VI beserta keluarga, kerabat, dan abdi dalam. Seperti diketahui, Airlangga masih keturunan dari trah Mangkunegara VI.

Koordinator Nasional Sahabat Airlangga, Deden Nasihin, menilai ziarah tersebut sebagai bukti kepedulian Airlangga untuk terus menjaga tradisi dan menyelami keteladanan keluarga.

“Ziarah itu merupakan gabungan dari budaya Islam dan Jawa juga sebagai salah satu implementasi dari ajaran wali songo. Ini dalam rangka menghargai, menghormati, dan mengenang jasa dan kesalehan yang diziarahi untuk kemudian diteladani keshalehannya," kata Deden saat dihubungi media, Rabu (22/6).

Menurut Deden, ziarah kubur ke makam keluarga juga membuktikan Ketua Umum Partai Golkar itu tak sekadar fokus pada urusan dunia.

“Ziarah kubur itu mengingatkan kita akan kematian. Artinya, Pak Airlangga itu selalu menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat,” tutur Denas, Deden Nasihin karib disapa.

Apalagi, makam-makam yang diziarahi Airlangga juga termasuk orang-orang saleh dan waliullah. "Yang sudah sepatutnya kita sebagai penerus bangsa ini untuk melanjutkan kiprah para pendiri bangsa, para ulama dalam menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat," jelasnya.

Di sisi lain, masih adanya trah Mangkunegara menjadikan Airlangga yang lahir di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), memiliki garis keturunan yang mampu mengubah kondisi terpuruk menjadi gemilang. Seperti diketahui, Mangkunegara VI merupakan raja yang berhasil menorehkan prestasi bagi Praja Mangkunegaran.

Ziarah kubur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke Pemakaman Astana Oetara menuai respons positif dari masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News