Ziarah ke Makam Syaichona Cholil, Puti Teringat Bung Karno

Ziarah ke Makam Syaichona Cholil, Puti Teringat Bung Karno
Puti Guntur Soekarno (kerudung merah) menyalami santriwati di Bangkalan. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANGKALAN - Kandidat Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berziarah ke makam Syaichona Cholil di kompleks Masjid Syaichona Cholil, Desa Martajasah, Bangkalan, Sabtu (20/1).

Puti yang mengenakan kerudung merah itu tampak khusyuk berkirim doa untuk ulama besar yang menjadi guru banyak kiai tersebut.

Ziarah ke Makam Syaichona Cholil, Puti Teringat Bung Karno

 

"Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan berziarah di makam Syaichona Cholil, berdoa sekaligus berikhtiar menyerap keteladanan beliau. Ini pesan khusus ayah saya (Guntur Soekarnoputra), untuk berziarah di sini, karena semua tahu bahwa tanpa peran ulama, Indonesia mungkin hanya tinggal cerita masa lalu,” kata Puti.  

Puti mengatakan, Syaichona Cholil adalah sosok ulama yang rela berkorban untuk umat dan bangsa. Syaichona Cholil juga guru dari banyak ulama besar yang berperan signifikan dalam perjalanan bangsa.

“Dari didikan beliau, lahir banyak ulama dan pejuang keindonesiaan. Keteladanan dan kedalaman ilmu beliau menyebar ke banyak daerah, membentuk kultur di daerah-daerah tersebut menjadi lebih religius, teduh, penuh kebaikan,” ujar dosen tamu Asia Jepang Research Center, Kokushikan University Jepang itu.

“Sudah seharusnya keteladanan beliau menjadi pijar bagi kita untuk meneguhkan kerja-kerja gotong royong agar kita semua makin baik, makin maju, makin bermanfaat bagi sesama,” imbuh perempuan kelahiran Jakarta berusia 46 tahun itu.

Selain berziarah ke makam Syaichona Cholil, Puti Guntur Soekarno sempat memberikan motivasi kepada ribuan santriwati di Bangkalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News